Jumat, 24 April 2009

Lagi rajin- Kimia Bag.1


Gak tau kenapa malah ngerangkum kimia, tapi ini emang salah satu pelajaran yang masih blank di otak saya. So enjoy dan pelajari ini!


--------------------------------------------------------------------------------------------------
MATERI DAN ENERGI
Materi merupakan bahan penyusun benda. Bahan apapun yang ada di alam semesta ini, seperti buku dan meja, memiliki materi. Buku terdiri dari kertas, dan meja terdiri dari kayu. Materi dapat mengalami perubahan, baik perubahan menjadi materi baru maupun perubahan wujud saya. Dan, perubahan materi itu melibatkan energi. Contoh, pencairan es melibatkan energi panas, dan bahkan membalik lembaran buku pun melibatkan energi.

1. Benda, Materi dan Zat
Istilah benda, materi dan zat bisa dikatakan serupa tapi tak sama. Ketiganya didefinisikan sebagai sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Istilah benda (thing) digunakan untuk menyatakan suatu objek fisik, misalnya rumah. Setiap benda terdiri atas materi (matter). Rumah, contohnya, terdiri atas berbagai macam materi, antara lain kayu, batu bata, dll. Materi, ada yang berupa zat tunggal dan zat campuran. Materi yang berupa zat tunggal (substance) disebut zat. Contoh zat (baca:zat tunggal) adalah air, dan contoh zat campuran adalah air laut.

2. Massa dan Berat
Massa berkaitan dengan jumlah materi yang menyusun benda. Sebagai contoh, buku. Setiap buku terdiri dari materi yang sama, yaitu kertas. Tetapi, jumlah kertas yang terdapat dalam buku tidak selalu sama. Jadi, buku tebal (yang memiliki jumlah kertas banyak) mempunyai massa lebih besar daripada buku tipis. Mmmm... Lalu, massa dinyatakan dalam gram (g) atau kilogram (kg).

Berat adalah ukuran besarnya gaya tarik gravitasi yang dialami oleh suatu benda. Jadi, berat sangat tergantung pada massa dan gravitasi. Berat suatu benda dinyatakan dalam newton (N). Benda yang bermassa sama bisa jadi mempunyai berat yang berbeda, jika diukur pada tempat dengan gravitasi berbeda. Berat benda di bulan hanya 1/6 dari beratnya di bumi, sebab gravitasi bulan hanya 1/6 dari gravitasi bumi.

Sebenarnya, manusia zaman kini sudah salah mengistilahkan dua istilah diatas. Istilah berat kehidupan sehari-hari (seperti berat badanku 52 kg), yang dimaksud sebenarnya adalah massa.

3. Energi
Energi merupakan suatu konsep yang bersifat abstrak, tidak berwujud, tapi dapat kita rasakan. Istilah lainnya tenaga. Energi (tenaga) adalah sesuatu yang diperlukan untuk menggerakan sesuatu. Oleh karena itu, energi didefinisikan sebagai kemampuan melakukan kerja. Energi tidak berwujud tetapi terkandung dalam materi. Jadi, setiap materi memiliki energi. Contoh, nasi, gas alam, dan materi apa saja memiliki energi.

Sedangkan jumlah energi yang dimiliki oleh suatu zat disebut energi-dalam (E) dari zat itu. Contoh energi-dalam dapat berupa energi kinetik, energi kimia, dll. Energi kimia berkaitan dengan struktur kimia zat. Energi yang dapat tergolong energi kimia adalah gas alam, minyak bumi dan batu bara.

Oiya... perubahan kandungan energi juga turut menyebabkan perubahan materi. Perubahan yang terjadi dapat berupa perubahan suhu, perubahan wujud, dan perubahan kimia. Contoh, es yang dipanaskan. Mula-mula suhu es akan naik hingga mencapai 0 derajat C, sehingga es mulai mencair, lalu suhu air akan naik lagi hingga mencapai 100 derajat C, sehingaa air mendidih dan berubah menjadi uap. Lalu?

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar