Senin, 27 April 2009

Lagi rajin- Kimia Bag.2

Lanjutan dari bagian sebelumnya

---------------------------------------------------------------------------------------------------
PENGGOLONGAN MATERI
Tadi, kita sudah membahas, bahwa materi itu dapat digolongkan ke dalam zat tunggal (atau bisa disebut juga zat murni) atau campuran. Materi yang terdiri dari satu jenis zat disebut tunggal, sedangkan yang terdiri dari dua jenis atau lebih zat disebut campuran.

contoh zat tunggal : air
contoh campuran :
air laut (terdiri dari air dan berbagai garam)

oiya ... zat tunggal, dapat berupa unsur dan senyawa, sedangkan campuran ada yang bersifat heterogen ataupun homogen

UNSUR
a. apa?
Tadi baru saja dijelaskan, bahwa zat tunggal itu dapat berupa unsur dan senyawa. Contoh senyawa : air, sedangkan contoh unsur : emas. Perbedaan antara unsur dan senyawa terletak dalam hal dapat-tidaknya zat itu diuraikan. Senyawa dapat, sedangkan unsur tidak. Contoh, air bisa diuraikan menjadi dua jenis gas, yaitu oksigen dan hidrogen. Sedangkan emas, tidak dapat diuraikan pastinya. (perlu dipahami bahaw menguraikan bukan memotong-motong atau menghaluskan. peruraian itu menghasilkan dua jenis atau lebih zat baru yang berbeda dari zat semula.

Jenis unsur tidaklah terlalu banyak. Di alam, hanya terdapat 92 jenis unsur. Namun, berkat kemajuan teknologi, ilmuwan berhasil mengenalkan tidak kurang dari 117 jenis unsur dan mungkin akan bertambah lagi.

contoh unsur : besi (lambang-Fe), Alumunium (Al), Emas (Au), dll.

b.lambang
Untuk memudahkan penulisan unsur maka dibuatlah lambang unsur (lambang atom). Adapun cara pelambangan unsur yang dipergunakan sekarang diusulkan oleh Jons Jakob Berzelius(1779-1848). Menurutnya, setiap unsur dilambangkan dengan satu huruf, yaitu huruf awal dari nama Latin unsur yang bersangkutan dan ditulis dengan huruf besar. Bagi unsur yang mempunyai huruf awal sama, lambangnya dibedakan dengan menambahkan satu huruf lain dari nama unsur itu dan ditulis dengan huruf kecil. Perhatikan contohnya :

(catatan : kolom kiri ke kanan, nama unsur (indonesia) | nama unsur (latin) | lambang)

Karbon | Carbonium | C
Kalsium | Calsium | Ca
Klorin | Clorine | Cl
Tembaga | Cuprum | Cu

karena keterbatasan ruang untuk merangkum, jadi kalian semua bisa mencari atau sekaligus menghafalkan nama dan lambang beberapa unsur dari sumber informasi lainnya.

c.logam dan nonlogam
unsur dapat digolongkan ke dalam logam atau nonlogam. contoh unsur yang tergolong logam, besi, alumunium, emas dan raksa. sedangkan contoh unsur yang termasuk nonlogam, hidrogen, oksigen, belerang. coba lihatlah perbandingan sifat antara logam dan nonlogam
(mana tuh tabel-nya, kok gak ada sih? hehee... gak ngerti bikin tabel disini!! wakakakak!)

Oiya... ada satu juga yang perlu diketahui. Beberapa unsur yang menunjukkan sifat logam sekaligus nonlogam digolongkan sebagai unsur metaloid. Contoh, boron dan silikon. Unsur metaloid ini merupakan peralihan dari logam ke nonlogam.

d. atom
bagian terkecil dari suatu unsur disebut atom. contoh, bagian terkecil dari besi adalah atom besi. atom mempunyai ukuran yang sangat kerdil. dalam sebutir besi sebesar titik di akhir kalimat ini, terdapat triliunan atom besi. meskipun banyak, tapi setiap unsur terdiri dari satu jenis atom. unsur yang berbeda mempunyai atom yang berbeda pula. besi terdiri atas atom-atom besi, sedangkan perak terdiri atas atom-atom perak. tidak akan ada yang sama.

SENYAWA
apa?
senyawa adalah zat tunggal yang dapat diuraikan menjadi dua jenis atau lebih zat yang lebih sederhana. peruraian senyawa dapat terjadi karena pemanasan atau aliran listrik.

contoh senyawa : air, gula, garam, dan asam cuka

kita udah tau dong, air itu tergolong zat tunggal (hanya sejenis zat). namun, air tetap dapat diuraikan menjadi dua jenis zat lain. peruraian air ini dapat terjadi jika uap air dipanaskan pada suhu tinggi atau jika air dialiri listrik. jenis senyawa pun sangat banyak. sekarang, tidak kurang dari 10 juta senyawa telah dikenal.

molekul?
bagian terkecil dari senyawa disebut molekul. molekul senyawa terbentuk dari perikatan dua jenis atau lebih atom unsur. contoh, molekul air terdiri atas dua atom hidrogen yang berikatan dengan satu atom oksigen. susunan dari atom itu adalah molekul.


molekul air, ket. : h = hidrogen, o = oksigen


CAMPURAN
udah tau dong, campuran itu materi yang terdiri dari dua jenis zat atau lebih. hampir semua materi yang kita temui adalah campuran. apalagi, kita juga seringkali mencampurkan berbagai jenis bahan. misalnya ketika memasak.

a.perbedaan bercampur dengan bersenyawa
bercampur dan bersenyawa sangatlah beda. bercampur itu adalah menyatukan dua jenis atau lebih zat, sedangkan bersenyawa menguraikan dua jenis atau lebih zat. perbedaan lainnya adalah
  • percampuran tidak menghasilkan zat baru
  • sifat komponen dalam campuran tidak hilang
  • senyawa mempunyai komposisi tertentu
b.tiga jenis campuran : larutan, koloid, dan suspensi
  • larutan : adalah campuran homogen. suatu campuran dikatakan homogen jika antarkomponennya tidak terdapat bidang batas, sehingga tidak terbedakan lagi. larutan terdiri atas pelarut (solvent) dan zat terlarut (solute). biasanya ,komponen yang dianggap sebagai pelarut. larutan dapat berupa padatan, cairan atau gas.
  • suspensi : adalah campuran kasar dan bersifat heterogen. antarkomponennya masih terdapat bidang batas dan sering kali dapat dibedakan tanpa menggunakan mikroskop. suspensi tampak keruh dan tidak stabil.
  • koloid : adalah suatu bentuk campuran yang keadaannya terletak antara larutan dan suspensi. contohnya santan, air susu, air sabun, cat, yang sepintas, koloid tampak homogen, tapi jika diamati dengan mikroskop ultra akan tampak heterogen. koloid umumnya keruh tetapi stabil. campuran koloid tentu tidak dapat disaring.

***
UDAH DULU YEEE... EMANG UDAH ABIS BAB-NYA. MAKASIH MAU BACA, MAAF KURANG LENGKAP.

Sumber Rangkuman :
"Buku IPA KIMIA untuk SMP Kelas VII" karya : Michael Purba, Penerbit : Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar